Wasi T BLOG

Monday, March 24, 2008

Sejenak melepas lelah dengan bermain

Salah satu permainan berikut cukup memerlukan persiapan dan rencana yang cukup matang. Betapa tidak! Ada tugas untuk mengangkat sebanyak 15 paku dengan bertumpu hanya pada satu paku yang berdiri tegak di atas papan.

Permainan ke dua, adalah menggantungkan sepasang sendok dan garpu pada sebatang korek api yang disangkutkan pada bibir/permukaan gelas atau benda lain yang sejenis.

Berawal dengan anggapan yang cukup rumit untuk dapat menyelesaikan permainan ini, namun ternyata tugas itu cukup mudah dan sederhana untuk dijawab.

Sebelum melihat tayangan dan keterangan di bawah nanti, cobalah anda sejenak memikirkan sendiri soal di atas kemudian tentukan langkah-langkah jawabannya. Apakah anda berhasil?? kalau ternyata anda berhasil, saya ucapkan SELAMAT!! buat anda. Tetapi kalau anda belum berhasil menjawab, berikut ini pengalaman dalam sebuah permainan yang pernah saya lakukan pada suatu pelatihan. Semoga permainan ini merupakan hal yang baru dan menarik bagi anda.

Pertama, dihadapan kita terdapat sebanyak 16 paku berukuran 7 cm, dan sebuah papan kayu dengan ketebalan kira-kira 1 cm dengan luas 10 x 10 cm. Selanjutnya anda diminta untuk mengangkat sebanyak 15 paku di atas sebuah paku yang tertancap di atas papan tersebut.

Untuk menyelesaikan tugas di atas, marilah kita lakukan bersama.

    • Pertama, baringkan sebanyak 14 buah paku dengan kepala paku secara berhadap-hadapan di samping kiri dan kanan paku masing-masing 7 buah.
    • Kedua, tindihkan 1 buah paku di atas paku-paku yang terbaring tadi dengan melekatkan setiap kepala paku ke badan paku yang menindih tadi.
    • Ketiga, angkatlah secara perlahan paku yang menindih tadi, sehingga paku tersebut tetap terjepit oleh kepala-kepala dari ke 14 paku tersebut.
    • Keempat, Tancapkan sebuah paku yang tersisa ke atas papan tadi, kemudian diletakkan di atas meja/alas dengan ujung kepala paku berdiri ke atas.
    • Kelima, Taruh paku yang telah terjepit oleh ke 14 paku tersebut di atas kepala paku yang telah berdiri tegak dengan posisi yang seimbang antara kanan dan kiri paku tersebut.

Sedangkan untuk mencoba permainan yang ke dua, berikut ini persiapannya

    • Siapkan sebuah gelas bening atau benda lain yang memiliki bibir dengan permukaan menghadap ke atas dengan ketinggian melebihi panjang dari sendok dan garpu yang akan kita
      gunakan
    • Siapkan sepasang sendok dan garpu, kemudian sisipkan bidang sendok ke sela-sela jari-jari garpu, sehingga dalam posisi kejepit.
    • Siapkan satu batang korek api kayu untuk menyangga sepasang sendok dan garpu tersebut, kemudian tempelkan kepala korek api tersebut di bibir gelas atau benda yang lain tersebut.


Lebih lanjut, anda bisa melihat sendiri hasil rekaman dari permainan-permainan tersebut pada tayangan video di bawah ini.

Diambil dengan menggunakan Camera HP 3 mpix

SELAMAT MENCOBA!!

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home